Warga Gili Rajah Perjuangkan Kerapan Sspi Betina Masuk Kalender Even Tahunan

Dalam Negeri, News197 Dilihat
Views: 185
0 0
banner 468x60
Read Time:1 Minute, 3 Second

MokiNews.com, Sumenep- Bambang Supratman asal pulau Desa Gili Rajah, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sambangi kantor Disparbud setempat.

Kedatangan Bambang sapaan akrabnya dalam rangka konsolidasi memperjuangkan budaya kesenian kerapan sapi betina masyarakat Gili untuk bisa kerapan Sapi Betina di akomodir masuk di kalender even tahunan masa kejayaan Kabupaten Sumenep.

banner 336x280

“Mohon do’anya dan dukungannya Bismillaaah Melayani,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kehadirannya ke acara kerapan Sapi di pulau Gilirajah bukan inisiatip mengkampayekan calon, saya bermaksud melihat dan mensukseskan budaya kesenian kerapan Sapi Betina untuk di kordinasikan ke disparbud bagaimana kesenian ini bisa di lirik dan bisa masuk di kalender even masa kejayaan kabupaten Sumenep.

“Budaya kesenian kerapan sapi Betina ini kebudayaan turun temurun mulai nenek monyang dahulu yang tetap di lestarikan oleh masyarakat Gili rajah,”katanya. Minggu (16/7/23)

Lanjut Bangbang, adanya budaya ini banyak manfaatnya selain melestarikan peninggalan budaya jugak bisa menyambung silaturtohim dan kerukunan karena acaranya di kemas dalam bentuk arisan jadi tiap minggu giliran tiap anggota berkeriasi di lahannya dan juga berpengaruh kepada harga sapi itu sendiri semakin mahal.
Komonitas kerapan sapi di pulau Gili rajah terdiri dari 4 desa, itu ada 7 komonitas.

“Saya berkomitmen terus memperjuangkan kerapan sapi Betina biar masuk kalender evem tahunan dan terkenal ke manca daerah sehingga bisa Nasional,” tandasnya.(min)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
banner 336x280

Komentar