Bersiap Hadapi Bencana, Bupati Nisel Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Dalam Negeri, News429 Dilihat
Views: 821
0 0
Read Time:2 Minute, 28 Second

MokiNews.com, Nias Selatan-Kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana maka Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nias menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulben) Tahun 2021. Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, memimpin Apel Kesiapsiagaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2021 sekaligus membuka secara resmi dan Latgulben itu direncakan berlangsung selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 10 September 2021 yang digelar di halaman Mako Lanal Nias Jalan Baloho Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Senin (06/09/2021).

Dihadiri Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Dandim 0213/Nias diwakili Danramil 12/Telukdalam, Mayor Inf Hatianus Zega, Kapolres Nias diwakili Kasat Sabhara AKP Benny Lase, Kapolres Nias Selatan diwakili Kabag Ops Kompol Juni Herimon Situmorang, Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel Satria Dharma Putra Zebua,SH., Kakansar Gunungsitoli, M. Agus Wibisono, Kalaksa BPBD Nias, Faoziduhu Telaumbanua, Kalaksa BPBD Nias Selatan Idealis Dachi, Kalaksa BPBD Nias Utara Herman Zebua dan Kalaksa BPBD Nias Barat Filifo Daely.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH, MH mengatakan bahwa dalam Latgulben ini merupakan program TNI AL dalam bidang potensi maritim yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan meningkatkan setiap komponen pangkalan TNI AL dan profesionalisme prajurit dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman bencana alam serta mampu melaksanakan koordinasi dengan komponen lainnya dalam setiap tahapan bencana. Dalam rangka untuk membantu Pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam dan sekaligus sebagai wujud kemanunggalan TNI AlLdengan rakyat, terang Hilarius.

Lanjutnya, latihan ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Teluk Dalam dan sekitarnya yang merupakan wilayah di Kabupaten Nias Selatan dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi, sehingga memerlukan program-program Latgulben seperti ini untuk menghadapi dan antisipasi bencana alam.

Latihan tersebut akan dilaksanakan mulai dari tanggal 06/09/2021 sampai dengan tanggal 10/09/2021. Serta mengharapkan kepada peserta agar lebih mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan selama kegiatan berlangsung, dibagi menjadi beberapa tahap yaitu, tahap persiapan, tahap gladi lapangan yang meliputi, tahap gladi pra bencana, tahap tanggap darurat dan tahap pasca bencana, tandas Hilarius.

Pelaksanaan Latgulben ini dilaksanakan secara terpadu dengan instansi pemerintah yaitu TNI/Polri, Tim SAR, BPBD, kedinasan di Pemda Nias Selatan, Puskesmas, SatPol PP, Kecamatan, Kelurahan dan melibatkan masyarakat di wilayah Teluk Dalam. Dalam latihan ini mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan selama kegiatan berlangsung. Ia mengharapkan di dalam kegiatan ini harus dilaksanakan dengan baik terlebih dalam proses menciptakan koordinasi dan komunikasi antar komponen, mempedomani dan memahami standar operasional penanggulangan bencana alam di tiap komponen, Akhir Hilarius.

Sementara itu, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo menjelaskan bahwa Latgulben itu dilaksanakan dalam rangka melatih kesiapsiagaan dari aparat maupun masyarakat di dalam menghadapi bencana alam.

Kegiatan ini melibatkan stakeholder antara lain : TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Satpol PP, Puskesmas, dan Masyarakat sebanyak 120 orang. Kemudian peserta akan diberikan pelatihan dan materi-materi tentang penanggulangan bencana alam dengan Narasumber Lanal Nias, Basarnas, BPBD dan Tim Kesehatan. Dan peserta akan dilatih secara parsial serta simulasi,” ujar Antonius Hendro Prasetyo.(doeha)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Komentar