Komisi III DPRD Sumenep, Proyek Pansimas Banyak Mangkrak

Dalam Negeri, News90 Dilihat
Views: 78
0 0
banner 468x60
Read Time:1 Minute, 38 Second

MokiNews.com, Sumenep – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, H. Dulsiam mengecam keras program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang banyak  mangkrak bahkan proyek tersebut dinilai asal jadi dibangun. Rabu, 4/10/2023.

Politikus visioner ini menyebut,
program Pamsimas yang dibangun pada tahun-tahun sebelumnya belum memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan masih jauh dari harapannya.

banner 336x280

Setelah dilakukan survei lokasi ditemukan banyak program Pamsimas tidak dapat mengakses layanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan dalam meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat selaras dengan tujuan baik Pemerintah.

“Komisi III bersama Dinas terkait melakukan pengecekan langsung keberadaan Pamsimas yang dibangun beberapa tahun yang lalu memang banyak yang tidak berfungsi dan terkesan proyek itu asal bangun selesai,” kata H. Dulsiam saat di konfirmasi Media ini pada Selasa (19/9/2023).

Dari hasil evaluasi dan kajian, pihaknya merekomendasikan kepada Dinas terkait agar Program tersebut di bangun di Daerah perkotaan atau kawasan Desa yang betul-betul membutuhkan.
Maksud dia, yakni kawasan yang membutuhkan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan seperti daerah yang kerap terjadi kekeringan dampak kemarau hingga berpotensi bencana.

“Pembangunan Pamsimas itu sama sekali tidak ada di perkotaan, justru dibangun di Daerah-Daerah Pedesaan yang tidak terlalu membutuhkan sehingga bangunan itu tidak bermanfaat,” tukasnya.

Selain itu, ia meminta kepada Dinas terkait agar turun ke lokasi sehingga dapat memfungsikan kembali Pamsimas yang sedang mangkrak, agar bangunan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara efektif dan  berkelanjutan.

“Meski bangunan tersebut tidak maksimal manfaatnya, namun kalau di fungsikan kembali akan membawa banyak manfaat,” ucap politikus partai besutan Muhaimin Iskandar ini.

Guna mewujudkan pemerataan merdeka air bersih di Kabupaten Sumenep, pria yang memiliki penggilan beken Pak Haji ini berharap proyek Pamsimas terus berkelanjutan pada tahun-tahun selanjutnya.

Ia pun menyebut, untuk mewujudkan impian masyarakat dalam pemerataan air bersih, tugas Pemerintah Daerah tidak akan selesai dalam waktu singkat.

“Untuk mewujudkan pemerataan air bersih di Kabupaten Sumenep tidak akan tuntas kalau hanya lima hingga sepuluh tahun ke depan,” pungkasnya.(Min)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
banner 336x280

Komentar