Satgas Yonif 115/ML Bentuk Sanggar Belajar Sebagai Sarana Pendidikan Non Formal yang Sangat Diminati Anak-Anak Papua

News, Pendidikan358 Dilihat
Views: 355
0 0
banner 468x60
Read Time:1 Minute, 53 Second

MokiNews.com, Puncak Jaya-Prajurit TNI Satgas Yonif 115/ML terus berinovasi dalam mengajarkan anak-anak Papua yang tinggal di Kampung – kampung. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Papua, seperti yang dilakukan oleh personel dari Pos Pruleme, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Kamis (28/9/2023).

Pos Pruleme yang dipimpin oleh Danpos Lettu Inf Hilmy Muhammad Fauzan, S.Tr (Han) dengan penuh semangat mengajak anak-anak yang tinggal di sekitar Pos untuk datang ke Sanggar Belajar.

banner 336x280

Sanggar Belajar yang dibentuk oleh personel Pos Pruleme tersebut merupakan tempat yang sengaja dibangun untuk dijadikan sarana Pendidikan non formal bagi anak-anak Papua. Sehingga, selain mendapatkan Pendidikan formal di sekolah, mereka juga dapat belajar sambil bermain di Sanggar belajar bersama personel Pos.

Komandan Satgas Yonif 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita menyampaikan, ” Papua merupakan salah satu wilayah NKRI yang kualitas SDM nya masih rendah, sehingga perlu adanya peran dari semua pihak untuk berbuat dalam memperbaiki kondisi tersebut. Kami, TNI yang bertugas di tanah Papua akan berbuat semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan kualitas SDM di Papua melalui kegiatan – kegiatan yang sederhana seperti mengajar di sanggar belajar yang kami bangun di lingkungan Pos. Semoga dengan cara seperti ini generasi Papua dapat tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang cerdas, bermoral dan memiliki rasa cinta tanah air,”tutur Dansatgas

Sanggar Belajar Pos Pruleme Satgas Yonif 115/ML sudah aktif sejak awal penugasan, dimana pada mula nya jumlah anak yang datang untuk belajar masih sedikit, namun saat ini jumlah yang hadir sangat banyak dan memenuhi kapasitas tempat yang disediakan. Hal ini disebabkan minat anak-anak Papua belajar di sanggar belajar tersebut semakin tinggi, terlihat dengan kehadiran mereka hampir setiap sore untuk belajar bersama di Sanggar Belajar Pos Pruleme.

Anak – anak yang hadir tidak hanya diajarkan materi Calistung, sesekali mereka juga diberikan kegiatan lain berupa perlombaan dengan berhadiah, yang bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan mereka terhadap pola pembelajaran yang monoton. Disamping itu juga diberikan makanan tambahan untuk menjaga kondisi fisik mereka agar tetap sehat. Dengan cara seperti ini, anak – anak selalu bersemangat untuk hadir di sanggar belajar Pos Pruleme.

Danpos Pruleme mengatakan bahwa kegiatan di Sanggar Belajar ini merupakan salah satu upaya Satgas Yonif 115/ML untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta memotivasi belajar anak-anak sehinga dapat terus bersemangat dalam menuntut ilmu. (Red)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
banner 336x280

Komentar