Pj Bupati Bersama Forkopimda Pantau Kesiapan Pilkades PAW di Tiga Desa

Dalam Negeri, News119 Dilihat
Views: 102
0 0
banner 468x60
Read Time:2 Minute, 2 Second

MokiNews.com, Pati-Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Forkopimda serta Sekretaris Daerah Kabupaten Pati lakukan pemantauan tiga desa di dua kecamatan.

Pemantauan tersebut dilakukan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW).

banner 336x280

Tiga desa yang melaksanakan pilkades PAW pada Selasa 18 Juli 2023 adalah Desa Bendokaton Kidul, Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu, serta Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan, bahwa pelaksanaan pilkades ini merupakan sebuah sistem demokrasi yang ada di tingkat desa. Untuk itu pelaksanaannya harus dijaga agar berjalan aman serta lancar.

“Kita bersama-sama kesini, kita coba monitoring terkait kesiapan-kesiapan yang sudah dilakukan. Dan tentunya saya minta tolong kepada bapak-bapak panitia agar besok pelaksanaannya tentunya dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Henggar, Senin (17/7) malam.

Henggar berharap bahwa siapapun nanti yang terpilih tentunya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

“Jadi dengan adanya PAW ini panjenengan semua akan menjadi satu kesatuan dalam melaksanakan kinerja pemerintahan,” tandasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Pati Tri Haryama menjelaskan, bila nanti kedua calon mendapatkan jumlah suara yang sama, maka Pemerintah Kabupaten Pati akan langsung melakukan ujian tertulis.

“Adapun nantinya ujian tulis 50 soal, bentuknya pilihan A,B,C,D. Jadi nanti nilai tertinggi yang jadi. Soalnya saya yang pegang, dan itu bersifat rahasia,” terang Tri Haryama.

Terkait kesiapan pelaksanaan, Pj. Kades Banyutowo, Eko Sugiharto menjelaskan, hingga malam ini persiapan pelaksanaan PAW Pilkades sudah berjalan sesuai tahapan. Pihaknya juga berharap, pencoblosan yang akan dilaksanakan Selasa (18 Juli 2023) berjalan kondusif.

“Semua sudah sesuai tahapan. Meskipun sempat ada wacana penundaan, namun bisa dijalankan atas saran dari Pj Bupati terkait pengisian kades,”  jelasnya.

Ditambahkan, pelaksanaan PAW di desanya akan berjalan kondusif. Mengingat calon di Banyutowo diikuti pasangan suami istri.

“Yaitu Pak Sunaryo dan istrinya Ibu Sri Hartati. Karena siapapun yang jadi, nantinya akan membawa Banyutowo ke arah yang lebih baik,” harapnya.

Adapun nama-nama pasangan Calon Kepala Desa yang ikut dalam kontestasi Pilkades PAW adalah, Calon Kepala Deaa Banyutowo, Sunaryo,S.Pd.,M.Pd dan Sri Hartati,S. Pd Calon Kepala Desa Tayu Wetan, Egi Hadi Luspriyan, SH dan Mohamad Firdaus Maula. Calon Kepala Desa Bendokaton Kidul, Sunarwi,SH dan Ayu Muria Pangestika, S.Akun

Diketahui, tokoh masyarakat di Desa Banyutowo berjumlah 84 pemilih yang akan memberikan suara. Selain Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pilkades PAW Serentak juga akan diikuti Desa Tayu Wetan dengan 121 pemilih dan Bendokaton Kidul 59 pemilih, Keduanya berada di Kecamatan Tayu. (Red)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0
banner 336x280

Komentar