Lulusan SMKN 1 Kalianget Mendapatkan Tiga Sertifikat

News, Pendidikan720 Dilihat
Views: 1413
0 0
Read Time:1 Minute, 31 Second

MokiNews.com, Sumenep – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura berkomitmen menciptakan Generasi Muda yang siap kerja di dunia wirausaha. Senin, 21/3/2022.

Kepala SMK Negeri 1 Kalianget Ishak, S.Pd., MM dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan UKK menggunakan pola mandiri dan diselenggarakan mulai tanggal 21 Maret hingga 1 April 2022 yang diikuti oleh 7 kompetensi Keahlian dan akan mendapatkan tiga sertifikat sekaligus.

“Lulusan SMK Negeri 1 Kalianget akan mendapatkan tiga sertifikat sekaligus, yaitu sertifikat ijazah, sertifikat praktek kerja lapangan, dan sertifikat uji kompetensi,” katanya, saat pembukaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Senin (21/3)

Lanjut dia, total peserta UKK adalah 310 siswa dengan rincian keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan sebanyak 41 peserta, keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik sebanyak 67 peserta, keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif sebanyak 53 peserta, keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor sebanyak 59 peserta, keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian sebanyak 15 peserta, keahlian Multimedia atau Desain Komunikasi Visual sebanyak 53 peserta, dan keahlian Kimia Industri sebanyak 22 peserta.

“Tim penguji kompetensi yang digunakan adalah tim Penguji Kompetensi Internal yang berasal dari SMK Negeri 1 Kalianget dan tim Penguji kompetensi External, di antaranya berasal dari PT Garam (persero ), Toyota Liek Motor Pamekasan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Sumenep, CV Tri Sakti Motor, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Sumenep,”imbuhnya.

Sementara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep, H. Syamsul Arifin, S.Pd., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, lulusan SMK ini berkesempatan naik BMW, apa itu BMW. BMW yang dimaksud adalah siswa SMK setelah lulus bisa B yaitu bekerja, M yaitu melanjutkan ke jenjang lebih tinggi ke perguruan tinggi, dan W yaitu Wirausaha.

“Siswa SMK setelah lulus memiliki kesempatan yang lebih karena selain dibekali dengan ilmu pengetahuan juga memiliki ketrampilan serta dididik kewirausahaan,”pungkasnya.(Sar)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Komentar