Bupati Sumenep Berikan Piagam dan Penghargaan Ke Tiga Desa

Dalam Negeri, News242 Dilihat
Views: 597
0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

MokiNews.com, Sumenep – Perlombaan desa dan kelurahan serta lomba 10 program pokok PKK, sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemajuan dan perkembangannya.

“Jadi, lomba ini sejatinya sebagai parameter untuk mengetahui sejauhmana perkembangan kemajuan desa dan kelurahan, sehingga semakin baik pengelolaannya tentu saja berdampak terhadap percepatan dalam upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, saat menyerah piagam dan tropi di Gedung KORPRI Sumenep pada Rabu (08/06/2022) malam.

Karenanya, Bupati berharap penyelenggaraan lomba desa dan kelurahan serta lomba 10 program pokok PKK yang dilaksanakan pemerintah daerah, bukan hanya seremonial dan simbol identitas semata, namun benar-benar berefek positif kepada pembangunan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kepala Desa dan Lurah bersama jajarannya terus melakukan inovasi dan kreativitas untuk mendorong pembangunan desa dan kelurahan, di antaranya melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas, serta partisipasi masyarakat,” harapnya.

Bupati mengungkapkan, manakala pelaksanaan lomba desa dan kelurahan terbaik atau juara, jelas di tahun-tahun mendatang, seluruh desa mampu meningkatkan status desa menjadi mandiri, sehingga tidak ada lagi desa berstatus tertinggal.

“Desa dan kelurahan yang menjadi pemenang di lomba desa dan kelurahan, serta lomba 10 program pokok PKK harus mempertahankan sekaligus melakukan pengembangan demi kemajuan desanya,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Sumenep Supardi, menjelaskan, terkait dengan lomba desa dan lurah tahun 2022 sudah dilakukan melalui skedol yang ditetapkan oleh kementerian dalam negeri yang di tindak lanjuti oleh DPMD provinsi dan di tindak lanjuti pemerintah Kabupaten Sumenep. Dari beberapa desa yang ikut mendaftarkan ada 5 desa yang memenuhi persyaratan yang desanya cepat berkembang di antaranya, desa Kebun Agun kecamatan Kota Sumenep, Desa Mandala Kecamatan Rubaru, Desa Kerta Barat Kecamatan Dasuk dan Desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng. Dari hasil seleksi dari 5 desa tersebut yang meraih juara ada 3 desa yakni juara pertama Desa Kebunagung Kecamatan Kota Sumenep, Juara kedua Desa Mandala Kecamatan Rubaru dan juara ketiga Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan.

” Penyerahan piaga penghargaan dan uang pembinaan di serahkan oleh bupati Sumenep,”jelas Pardi, Senin (27/6)
Dia menambahkan, tujuan dari lomba tersebut untuk memancing memicu, desa-desa di kecamatan yang lain di tahun tahun berikutnya untuk berpartisipasi mengikuti lomba desa sehingga partisipasi masyarakat semakin banyak. (Sr)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Komentar