ASPAI Selenggarakan Bimtek Budidaya Anggur di Iklim Tropis

News, Wisata811 Dilihat
Views: 1014
0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

MokiNews.com, TangSel – Asosiasi Penggiat Anggur Indonesia (ASPAI) sebagai wadah komunitas pengembang tanaman anggur membuka Bimbingan Teknis, Prospek Budidaya Tanaman anggur Import di Indonesia sebagai negara yang beriklim Tropis dan dari aspek teknis serta Potensi bisnisnya di kemudian hari, acara yang dihadiri oleh peserta dari wilayah Jabodetabek ini diselenggarakan pada (29/10/2022), di Bilangan Villa Bintaro Regency, Jl. Sumatera Blok A-1/9, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Acara yang di selenggarakan oleh ASPAI ini menggandeng Direktorat Jenderal (Dirjend) Hortikultura Kemeterian RI. Bimtek ini juga dihadiri oleh beberapa Praktisi tanaman anggur yaitu, Tosan Ajie (ketua umum ASPAI), M. Saifuloh, ir. Andi Sugiri, Robi Murdani, Heriyanto, Wegig Sulistiyo Budi, M. Risyad Tabattrala, serta hadir juga Bapak Purnawirawan (MayJend) Asyari Siregar.

Dalam kesempatan yang baik ini, Komunitas Penggiat Tanaman Anggur Indonesia memberikan Informasi yang sangat menarik dalam Budidaya Tanaman Anggur di iklim Tropis seperti di Indonesia ini. Seperti, dengan mensiasati lahan kecil untuk menanamnya, tidak perlu biaya yang mahal, Pemupukan yang simple serta bagaimana Pohon-pohon anggur tersebut bisa tumbuh dengan subur sehingga menghasilkan buah anggur yang berqualitas seperti buah anggur Import yang masuk ke Indonesia.

Ternyata, membudidayakan Pohon anggur tidak sulit dan tidak ribet ungkap Bapak Heriyanto ” kita hanya memerlukan lahan kosong yang ada di halaman depan atau lahan kosong dibelakang rumah kita saja, lalu kita merawatnya dengan baik contoh, bila dimusim hujan cukup 1x penyiraman, musim panas Cukup 2x penyiraman dan Pemberian pupuk cukup 2x sebulan dengan lahan yang kecil ya, karena pohon anggur ini hidup lebih baik dihawa yang tidak terlalu dingin,” Jelasnya.

Bapak Dedi Suryadi menambahkan bahwa, pohon anggur yang sehat itu mempunyai daun yang segar, batang nyapun tidak terlalu kecil (Kurus), sehingga waktu mulainya berbuah buahnya terlihat segar, walau ukuran buahnya tidak terlalu besar seperti buah anggur Import, Tetapi keistimewaan buah anggur Tropis ini mempunyai rasa buah yang manisnya tak kalah dengan buah anggur Import tersebut.

Bapak Purnawirawan (MayJend) Asyari Siregar pun memberikan support untuk Semua peserta yang hadir. Dengan menanam Pohon anggur Tropis ini dari sekarang kita sebagai bangsa yang konsumtif buah anggur saat ini, akan bisa bersaing dengan bangsa Eropa sebagai negara PengImport buah anggur, dan pastinya harga dan Qualitas buah anggur kita yang akan menjadi pesaing yang baik di masa akan datang.

Tak ketinggalan Peserta dari Depok dan dari Rangkas Bitung, Banten yaitu, Ibu Fikriah dan Ibu Nuri menanggapi senang sekali adanya Bimbingan Teknik Penanaman buah anggur di iklim Tropis ini. Acara berlangsung dengan penuh keceriaan dan persaudaraan yang harmonis sore hari ini hingga acara selesai. (Red)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Komentar